Agar Uang Nggak Habis Saat Traveling

Kegiatan traveling memang butuh perencanaan yang matang. Terutama soal finansial, hal yang paling krusial ketika traveling. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tidak kehabisan uang saat traveling. Apa saja?

Mulai dari membuat rencana anggaran, sedikit berhemat hingga dana cadangan, semuanya bisa Anda lakukan agar kejadian kehabisan uang saat traveling tidak menjadi kenyataan. Inilah  tips untuk Anda agar tak kehabisan uang saat traveling.


1. Membuat rencana anggaran
Tips pertama adalah Anda harus membuat perencanaan dana sebelum memulai traveling. Langkah ini penting karena nasib Anda saat traveling ditentukan dari banyak tidaknya dana yang Anda bawa. Tanpa perencanaan keuangan yang matang, kejadian kehabisan uang bisa saja menimpa Anda.

Rencana anggaran bisa Anda susun berdasarkan riset yang bersumber dari internet. Pastikan update harga terbaru yang Anda cari agar lebih presisi. Perencanaan utama meliputi anggaran akomodasi, transportasi, serta konsumsi. Jangan sampai ada yang terlewat yah traveler!

2. Kurangi makan di restoran
Tips kedua yaitu Anda bisa melakukan sedikit penghematan terhadap pengeluaran Anda dengan cara mengurangi makan di restoran selama traveling. Anda bisa mencari substitusinya dengan makan ala kaki lima, atau bahkan makan ala warteg agar dana makan saat traveling bisa sedikit dihemat.

Dengan mengurangi makan ala restoran, maka dana untuk konsumsi akan berkurang dan dapat dialihkan untuk keperluan lain. Misalnya untuk transportasi atau untuk beli oleh-oleh. Lebih bermanfaat kan, traveler?

3. Jangan naik taksi
Langkah penghematan berikutnya yaitu selalu naik transportasi umum selama traveling. Seperti yang Anda tahu, dimanapun Anda berada, naik transportasi umum akan jauh lebih murah jika dibandingkan menyewa kendaraan atau naik taksi. Bila atraksi wisatanya dekat, jalan pun menyenangkan. Sambil menikmati masyarakat lokal

Menyewa kendaraan atau naik taksi bisa 2-3 kali lebih mahal dibandingkan naik transportasi umum. Saat traveling, dana yang tersita untuk pos transportasi memang cukup besar. Jika bisa dihemat, kenapa tidak traveler?

4. Belanja oleh-oleh murah
Tips berikutnya tentu saja saat belanja oleh-oleh, pilihlah barang dengan harga yang paling murah. Jika memungkinkan, gunakan skill tawar-menawar Anda yang paling mumpuni. Keluarkan jurus-jurus rahasia Anda, agar dapat menawar dengan harga paling murah.

Belanja dengan harga murah tentu akan sangat membantu untuk menghemat keuangan Anda saat traveling. Jangan sampai karena keasyikan belanja, Anda tidak sadar bahwa uang di dompet semakin menipis lalu habis. Bahaya!

5. Siapkan dana cadangan
Tips terakhir tapi tak kalah penting yaitu selalu siapkan dana cadangan. Dana ini berguna jika ada pengeluaran tak terduga, misalnya ada perubahan harga, fluktuasi nilai mata uang, bayar parkir dan jasa tour guide, dan aneka kejadian tak terduga lainnya.

Dana cadangan ini bisa Anda tentukan besarannya, bisa 10-20% dari anggaran total traveling. Jangan lupa juga siapkan dana non tunai di dalam kartu debet Anda, yang sewaktu-waktu bisa ditarik saat Anda butuh. Selamat merencanakan liburan ya traveler! *dtk


0 komentar:

Post a Comment